Langsung ke konten utama

ISTP (Introvert, Sensor, Thinker, Perceiver)

TIPE 4
Hidup sebagai seorang ISTP
(Introvert, Sensor, Thinker, Perceiver)

                Orang – orang bertipe ini cenderung untuk : logis, pragmatis dan langsung; tenang dan otomatis; realistis, pragmatis; impulsive dan ingin tahu tentang dunia fisik; fleksibel dan banyak akal; objektif dan tidak emosional.
                Hal yang paling penting bagi ISTP adalah kebebasan untuk bertindak secara independen, dan mengikuti dorongan – dorongan mereka.

Karir untuk tipe ISTP
          Inilah beberapa karir yang cocok bagi orang – orang yang berkepribadian ISTP:
Ø  Computer programmer
Ø  Pilot pribadi
Ø  Crisis hotline operator
Ø  Perwira polisi
Ø  Pengembang perangkat lunak
Ø  Manajer jasa informasi
Ø  Paralegal
Ø  Teknis medis
Ø  Bintang iklan
Ø  Detektif swasta
Ø  Peme\adam kebakaran
Ø  Terapis fisik
Ø  Apoteker
Ø  Pelatih binatang

Bagaimana mencintai seorang ISTP
Ø  Hargailah kemampuan saya untuk menyelesaikan persoalan dengan tenang dan cepat
Ø  Jadilah pendengar yang sabar dan tidak menghakimi
Ø  Berilah saya banyak ruang dan kebebasan untuk mengikuti dorongan dan mengeksplorasi dunia
Ø  Cobalah untuk tidak mengeluh pada saya atau memaksa saya untuk mengambil keputusan dengan terlalu cepat
Ø  Bersenang – senanglah dengan saya, dan terbukalah bagi petualangan – petualangan baru yang saya sarankan
Ø  Yang terpenting, jangan paksa saya untuk berbagi perasaan atau reaksi sebelum saya siap

Mendidik anak – anak bertipe ISTP
   Kesenangan dan tantangan membesarkan anak – anak bertipe ISTP:
        Biasanya mereka mandiri, bahkan mudah marah dan keras, tetapi mungkin juga enggan untuk bersosialisasi dan berbagi emosi dan perasaan. Pragmatis, logis dan realistis. Mereka mungkin juga skeptis atau tidak sabar dengan apa saja di luar pengalaman langsung mereka.
  
   Apa yang berhasil untuk dilakukan pada anak – anak bertipe ISTP:
Ø  Bersikaplah jelas, langsung dan spesifik, lalu beri mereka perhatian penuh Anda atau Anda akan kehilangan informasi yang penting dan bahkan vital
Ø  Dorongan dan biarkan mereka melakukan segala hal bagi diri mereka sendiri, seperti makan dan berpakaian
Ø  Jangan menafsirkan kurang besarnya mereka mengekspresikan kasih saying sebagai kurang perhatian; jangan mencoba membuat mereka merasa salah karena tidak bersikap lebih demonstratif

Orangtua dari tipe ISTP akan mengetahui bahwa Anda benar – benar mencintai mereka ketika Anda membiarkan mereka menjalani hari – hari tanpa menanyakan kepada mereka apa yang sedang mereka kerjakan. 

Memahami orang – orang bertipe ISTP
          Kunci utama terletak pada kemampuan untuk dengan cepat menguasai orang lain, dan berbicara dengan bahasa mereka. Inilah beberapa rumus jitu untuk memahami (SpeedReading) dan berkomunikasi (SpeedReaching) dengan orang – orang bertipe ISTP.

Bagaimana menandai orang bertipe ISTP :
Ø  Pendiam, mandiri dan kreatif
Ø  Menyendiri, tidak emosional, dan tenang
Ø  Berpakaian fungsional dan nyaman
Ø  Ingin tahu, realistis dan analitis
Tips – tips untuk berkomunikasi dengan ISTP :
Ø  Hindarilah dorongan emosional
Ø  Gunakan logika yang jelas
Ø  Hormatilah privasi mereka dan jangan pernah memaksakan keakraban
Ø  Dengarkan mereka secara hati – hati dan beri mereka waktu untuk memikirkan seluruhnya

Gambaran seorang ISTP
Julukan : Sang Mekanik


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan untuk Wawancara Kurikulum 2013

Kali ini saya mem posting  salah satu tugas dari Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran. Tugasnya yaitu membuat pertanyaan sebanyak - banyaknya yang kemudian akan di jadikan Kisii - Kissi dalam bentuk tabel,   sebagai patokan dalam wawancara. Sehingga dapat memudahkan kita dalam membawa alur pembicaraan pada saat wawancara nanti. Dan disini saya mendapatkan 40 butir pertanyaan sebagai bekal untuk wawancara. Selamat berproses :). NO.ABSEN :PGSD 3/C-17 NAMA :AMALINAKHAIRUNNISA NIM :2227132065 NO.HP :087808724495 MATA KULIAH :KURIKULUM & PEMBELAJARAN PERTANYAAN- PERTANYAAN WAWANCARA 1. Apakah Kurikulum 2013 itu? 2. Apa tujuan di bentuknya Kurikulum 2013? 3. Apa perbedaan K-13 dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)? 4. Mengapa berbagai pihak menolak adanya K-13? 5. Mengapa Kurikulum diubah? 6. Apa kekurangan dari K-13? 7. Apa kelebihan dari K-13? 8. Jika K-13 berbasis tema, lalu ada mata pelajaran apa saja di SD? 9. Bagaimana proses pembelajaran

Hasil Wawancara tentang Kurikulum 2013

Berikut hasil wawancara yang saya lakukan dengan teman biacara dan diskusi seorang guru yang berpengala man dalam mengajar dengan kurikulum 2013. IDENTITAS WAWANCARA Nama                                       : Evi Ridawati, S. Pd, M. M NIP                                          : 1964041419084102010 Tempat, Tanggal, Lahir           : Serang, 14 April 1964 Alamat                                     : Jln. Resik II No. 56 RT 006/004 Kramatwatu, Serang 42161, Serang, Banten Jabatan                                     : Guru Kelas Tempat Mengajar                    : SDN Kramatwatu 3 Facebook                                 : Ratih Bahar/ Evi Bahar HASIL WAWANCARA Narasumber               : Evi Ridawati, S. Pd, M. M Jabatan                       : Guru Kelas Hari, Tgl                     : Minggu, 14 Desember 2014 1.       Apakah Kurikulum 2013 itu? Jawab: “kurikulum yang berbasis tema di materi pembelajarannya, yang mengutamakan pendidikan

Asal Usul Kramatwatu

Nama kramatwatu adalah sebuah kecamatan di kabupaten Serang. Untuk mengetahui asal usul daerah dimana saya tinggal tidak cukup jika hanya browsing melalui internet saja, tetapi disini saya mencari sumber dari warga setempat. Hal ini disebabkan oleh minimnya postingan mengenai asal usul kramatwatu. Jika dilihat dari beberapa objek yang ada di kec. Kramatwatu seperti Tasikardi dan gunung pinang, mungkin bisa kita tarik kesimpulan dari kisah adanya gunung pinang di kec. Kramatwatu ini. Singkat cerita ada seorang anak yang durhaka pada ibunya, kemudian perahu yang digunakannya terbalik dan akhirnya menjadi gunung pinang. Jika di Sumatra ada kisah malin kundang yang menjadi batu, di Bandung ada tangkuban parahu, maka di kramatwatu ada pula cerita gunung pinang yang menurut saya kolaborasi  dari kisah Malin kundang dengan tangkuban parahu. Tangkuban parahu merupakan nama objek wisata yang dimana berada didaerah Bandung dan menggunakan bahasa sunda sehingga daerah dimana saya tinggal m