Langsung ke konten utama

INFP (Introvert, Intuitive, Feeler, Perceiver)

TIPE 3
Hidup sebagai seorang INFP
(Introvert, Intuitive, Feeler, Perceiver)

Orang – orang bertipe ini cenderung untuk tenang, menyendiri, dan ramah; snagat penuh kasih, peka dan mudah sakit hati; mencintai dan berdedikasi terhadap mereka yang dekat; kreatif, original, dan imajinatif; ingin tahu dan fleksibel dalam masalah – masalah kecil.
Hal yang paling penting bagi orang – orang INFP adalah kepercayaan yang sangat mereka pegang dan hidup dalam harmoni bersama nilai – nilai mereka.

Karir – Karir Besar untuk INFP :
Inilah beberapa karir besar yang cocok bagi orang – orang bertipe INFP :
Ø  Psikolog
Ø  Professional sumberdaya manusia
Ø  Terapis fisik
Ø  Periset
Ø  Penerjemah
Ø  Mediator hokum
Ø  Spesialis pengembangan karyawan
Ø  Pekerja keagamaan
Ø  Professor kemanusiaan
Ø  Pekerja social
Ø  Pustakawan
Ø  Perancang busana
Ø  Praktisi kesehatan holistic
Ø  Editor/ art director

Bagaimana mencintai seorang INFP
Ø  Hargailah keunikan dan kepekaan saya
Ø  Jadilah pendengar yang sabar dan suportif
Ø  Hormatilah privasi saya dan kebutuhan saya akan keintiman emosional
Ø  Bersikaplah meyakinkan dan lembut dalam kata – kata dan tindakan
Ø  Cobalah untuk tidak memaksakan keputusan terlalu cepat, atau menjejali saya dengan hal – hal yang kacau
Ø  Yang terpenting, hormatilah perasaan saya dan jangan pernah menurut agar saya mengkompromikan nilai – nilai saya

Mendidik anak – anak bertipe INFP :
      Kesenangan mendidik anak – anak bertipe INFP :
                Mereka adalah anak – anak yang idealistis, komit, dan penuh kasih, tetapi cenderung untuk mengidealkan hubungan, dan mudah sakit hati. Selain spontan dan original, mereka cenderung juga untuk tidak teratur dan terlalu sibuk dengan detail – detail.

      Apa yang berhasil dengan INFP :
Ø  Doronglah mereka untuk berbicara tentang gagasan – gagasan mereka; dengarlah dengan tenang dan beri mereka perhatian yang utuh
Ø  Biarkan mereka melihat dari sisi samping; beri mereka banyak waktu untuk bermain sendirian atau bermimpi siang
Ø  Hormatilah intensitas perasaan mereka; rasakan hasrat mereka terhadap keharmonisan pada saat – saat konflik
Orangtua dari anak – anak bertipe INFP akan mengetahui bahwa anak Anda benar – benar mencintai mereka ketika Anda mendengarkan secara pribadi perasaan – perasaan dan reaksi – reaksi mereka.

Memahami INFP :
      Kunci sukses terletak pada kemampuan Anda untuk dengan cepat menguasai orang lain dan berbicara dengan bahasa mereka.

Menandai orang – orang bertipe INFP :
Ø  Idealistis dengan perasaan pribadi yang dalam
Ø  Kreatif dan imajinatif
Ø  Awalnya enggan dan hati – hati
Ø  Berpakaian original, bahkan bukan funky

Tips untuk berkomunikasi dengan INFP :
Ø  Berbagilah kepercayaan dan nilai – nilai untuk mengadakan hubungan
Ø  Hormatilah waktu mereka yang lebih pelan dan kebutuhan mereka terhadap privasi
Ø  Tekankan bagaimana gagasan – gagasan akan memberikan keuntungan pada orang lian.

Gambaran seorang INFP
Julukan : Sang Idealis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan untuk Wawancara Kurikulum 2013

Kali ini saya mem posting  salah satu tugas dari Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran. Tugasnya yaitu membuat pertanyaan sebanyak - banyaknya yang kemudian akan di jadikan Kisii - Kissi dalam bentuk tabel,   sebagai patokan dalam wawancara. Sehingga dapat memudahkan kita dalam membawa alur pembicaraan pada saat wawancara nanti. Dan disini saya mendapatkan 40 butir pertanyaan sebagai bekal untuk wawancara. Selamat berproses :). NO.ABSEN :PGSD 3/C-17 NAMA :AMALINAKHAIRUNNISA NIM :2227132065 NO.HP :087808724495 MATA KULIAH :KURIKULUM & PEMBELAJARAN PERTANYAAN- PERTANYAAN WAWANCARA 1. Apakah Kurikulum 2013 itu? 2. Apa tujuan di bentuknya Kurikulum 2013? 3. Apa perbedaan K-13 dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)? 4. Mengapa berbagai pihak menolak adanya K-13? 5. Mengapa Kurikulum diubah? 6. Apa kekurangan dari K-13? 7. Apa kelebihan dari K-13? 8. Jika K-13 berbasis tema, lalu ada mata pelajaran apa saja di SD? 9. Bagaimana proses pembelajaran

Hasil Wawancara tentang Kurikulum 2013

Berikut hasil wawancara yang saya lakukan dengan teman biacara dan diskusi seorang guru yang berpengala man dalam mengajar dengan kurikulum 2013. IDENTITAS WAWANCARA Nama                                       : Evi Ridawati, S. Pd, M. M NIP                                          : 1964041419084102010 Tempat, Tanggal, Lahir           : Serang, 14 April 1964 Alamat                                     : Jln. Resik II No. 56 RT 006/004 Kramatwatu, Serang 42161, Serang, Banten Jabatan                                     : Guru Kelas Tempat Mengajar                    : SDN Kramatwatu 3 Facebook                                 : Ratih Bahar/ Evi Bahar HASIL WAWANCARA Narasumber               : Evi Ridawati, S. Pd, M. M Jabatan                       : Guru Kelas Hari, Tgl                     : Minggu, 14 Desember 2014 1.       Apakah Kurikulum 2013 itu? Jawab: “kurikulum yang berbasis tema di materi pembelajarannya, yang mengutamakan pendidikan

Asal Usul Kramatwatu

Nama kramatwatu adalah sebuah kecamatan di kabupaten Serang. Untuk mengetahui asal usul daerah dimana saya tinggal tidak cukup jika hanya browsing melalui internet saja, tetapi disini saya mencari sumber dari warga setempat. Hal ini disebabkan oleh minimnya postingan mengenai asal usul kramatwatu. Jika dilihat dari beberapa objek yang ada di kec. Kramatwatu seperti Tasikardi dan gunung pinang, mungkin bisa kita tarik kesimpulan dari kisah adanya gunung pinang di kec. Kramatwatu ini. Singkat cerita ada seorang anak yang durhaka pada ibunya, kemudian perahu yang digunakannya terbalik dan akhirnya menjadi gunung pinang. Jika di Sumatra ada kisah malin kundang yang menjadi batu, di Bandung ada tangkuban parahu, maka di kramatwatu ada pula cerita gunung pinang yang menurut saya kolaborasi  dari kisah Malin kundang dengan tangkuban parahu. Tangkuban parahu merupakan nama objek wisata yang dimana berada didaerah Bandung dan menggunakan bahasa sunda sehingga daerah dimana saya tinggal m