Langsung ke konten utama

INTJ (Introvert, Intuitive, Thinker, Judger)

TIPE 5
Hidup sebagai seorang INTJ
(Introvert, Intuitive, Thinker, Judger)

            Orang – orang yang berkepribadian ini cenderung untuk : otonomis, menyendiri, dan intelektual; imajinatif, inovatif dan unik; kritis, analitis, dan logis; secara intelektual ingin tahu, terdorong untuk belajar dan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka; secara social berhati – hati dan menjauh; rapid an definitive.
            Hal yang paling penting bagi orang – orang bertipe INTJ adalah kemandirian mereka dan kemampuan mereka untuk hidup sesuai dengan standar mereka.

Karir untuk tipe INTJ
            Inilah beberapa karir yang cocok bagi orang – orang yang berkepribadian INTJ:
Ø  Penasihat hokum property intelektual
Ø  Analisis berita
Ø  Teknis desain
Ø  Periset biomedis
Ø  Spesialis jaringan terpadu
Ø  Pengembang perangkat lunak
Ø  Psikiater
Ø  Kardialog
Ø  Penulis lepas
Ø  Penemu
Ø  Perencana media
Ø  Chief Financial Officer
Ø  Webmaster
Ø  Arsitek
Ø  Desktop publishing specialist

Bagaimana mencintai seorang INTJ
Ø  Jadilah pendengar yang penuh perhatian dan hormat
Ø  Hargailah kemampuan dan kreativitas saya
Ø  Beri saya banyak privasi dan waktu untuk mengejar minat – minat saya secara mendalam
Ø  Cobalah untuk tidak menekan saya berbagi perasaan sebelum saya siap
Ø  Bersikaplah jujur dan terus terang tentang apa yang Anda butuhkan
Ø  Yang terpenting, hormatilah kemandirian dan kebutuhan saya untuk menjalani hidup sesuai dengan standar saya

Mendidik anak – anak bertipe INTJ
  Kesenangan dan tantangan membesarkan anak – anak bertipe INTJ:
          Mereka imajinatif dan secara intelektual ingin tahu tetapi cenderung untuk angkuh dan enggan memberikan timbale balik. Mereka logis, langsung dan skeptic, tetapi mereka biasanya menyendiri, mandiri, tampak menjauh dan superior.
 
  Apa yang berhasil untuk dilakukan pada anak – anak bertipe INTJ:
Ø  Jangan mendorong mereka masuk ke adalam situasi social; hormatilah keengganan mereka dan ikuti kepemimpinan mereka
Ø  Berilah sumber dorongan intelektual yang konstan bertambah
Ø  Terimalah gaya pemikiran mereka yang analitis dan jangan tanggapi kritik mereka secara personal
Orangtua bertipe INTJ akan mengetahui bahwa Anda benar benar mencintai mereka ketika Anda menghormati privasi mereka; pastikan penghormatahan Anda berpusat pada kemampuan mereka.

Memahami orang – orang bertipe INTJ
       Inilah beberapa cara untuk memahami dan berkomunikasi dengan orang – orang berkepribadian INTJ.
Bagaimana menandai orang bertipe INTJ :
Ø  Dingin, formal dan mandiri
Ø  Intelektual, logis dan skeptic
Ø  Kompleks dan menantang kadang – kadang dengan sikap superior
Ø  Berpakaian konservatif dengan penampilan indivisual

Tips – tips untuk berkomunikasi dengan INTJ :
Ø  Pusatkan pada kreativitas dan inovasi mereka
Ø  Letakkan dasar argumentasi Anda pada penalaran logis
Ø  Rapi dan hindari kesalahan yang merendahkan kemampuan Anda.

Gambaran seorang INTJ
Julukan : Sang Ilmuwan




Komentar

  1. Baiklah. Setidaknya saya mengerti mengapa saya tidak akrab dengan keluarga saya dan tidak dekat dengan orangtua saya. Menyedihkan. Saya memahami mereka tapi mereka tidak ingin mengerti saya. Akhirnya saya benar-benar menjauh. Secara fisik dan mental.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan untuk Wawancara Kurikulum 2013

Kali ini saya mem posting  salah satu tugas dari Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran. Tugasnya yaitu membuat pertanyaan sebanyak - banyaknya yang kemudian akan di jadikan Kisii - Kissi dalam bentuk tabel,   sebagai patokan dalam wawancara. Sehingga dapat memudahkan kita dalam membawa alur pembicaraan pada saat wawancara nanti. Dan disini saya mendapatkan 40 butir pertanyaan sebagai bekal untuk wawancara. Selamat berproses :). NO.ABSEN :PGSD 3/C-17 NAMA :AMALINAKHAIRUNNISA NIM :2227132065 NO.HP :087808724495 MATA KULIAH :KURIKULUM & PEMBELAJARAN PERTANYAAN- PERTANYAAN WAWANCARA 1. Apakah Kurikulum 2013 itu? 2. Apa tujuan di bentuknya Kurikulum 2013? 3. Apa perbedaan K-13 dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)? 4. Mengapa berbagai pihak menolak adanya K-13? 5. Mengapa Kurikulum diubah? 6. Apa kekurangan dari K-13? 7. Apa kelebihan dari K-13? 8. Jika K-13 berbasis tema, lalu ada mata pelajaran apa saja di SD? 9. Bagaimana proses pembelajaran

Hasil Wawancara tentang Kurikulum 2013

Berikut hasil wawancara yang saya lakukan dengan teman biacara dan diskusi seorang guru yang berpengala man dalam mengajar dengan kurikulum 2013. IDENTITAS WAWANCARA Nama                                       : Evi Ridawati, S. Pd, M. M NIP                                          : 1964041419084102010 Tempat, Tanggal, Lahir           : Serang, 14 April 1964 Alamat                                     : Jln. Resik II No. 56 RT 006/004 Kramatwatu, Serang 42161, Serang, Banten Jabatan                                     : Guru Kelas Tempat Mengajar                    : SDN Kramatwatu 3 Facebook                                 : Ratih Bahar/ Evi Bahar HASIL WAWANCARA Narasumber               : Evi Ridawati, S. Pd, M. M Jabatan                       : Guru Kelas Hari, Tgl                     : Minggu, 14 Desember 2014 1.       Apakah Kurikulum 2013 itu? Jawab: “kurikulum yang berbasis tema di materi pembelajarannya, yang mengutamakan pendidikan

Asal Usul Kramatwatu

Nama kramatwatu adalah sebuah kecamatan di kabupaten Serang. Untuk mengetahui asal usul daerah dimana saya tinggal tidak cukup jika hanya browsing melalui internet saja, tetapi disini saya mencari sumber dari warga setempat. Hal ini disebabkan oleh minimnya postingan mengenai asal usul kramatwatu. Jika dilihat dari beberapa objek yang ada di kec. Kramatwatu seperti Tasikardi dan gunung pinang, mungkin bisa kita tarik kesimpulan dari kisah adanya gunung pinang di kec. Kramatwatu ini. Singkat cerita ada seorang anak yang durhaka pada ibunya, kemudian perahu yang digunakannya terbalik dan akhirnya menjadi gunung pinang. Jika di Sumatra ada kisah malin kundang yang menjadi batu, di Bandung ada tangkuban parahu, maka di kramatwatu ada pula cerita gunung pinang yang menurut saya kolaborasi  dari kisah Malin kundang dengan tangkuban parahu. Tangkuban parahu merupakan nama objek wisata yang dimana berada didaerah Bandung dan menggunakan bahasa sunda sehingga daerah dimana saya tinggal m