Langsung ke konten utama

ESTP (Ekstravert, Sensor, Thinker, Perceiver)

TIPE 6
Hidup sebagai seorang ESTP
(Ekstravert, Sensor, Thinker, Perceiver)

            Orang – orang berkepribadian ini cenderung untuk: aktif, petualang, dan impulsive; cerewet dan ingin tahu; kasual, adaptif, dan bebas; logis dan tenang tetapi mampu membuat humor, keriangan dan pesona; patuh dan selalu hadir, praktis dan apa adanya.
            Hal yang paling penting bagi orang – orang bertipe ESTP adalah kebebasan untuk bersenang – senang dan sepenuhnya menjalani pengalaman hidup saat ini saja.

Karir untuk tipe ESTP
            Inilah beberapa karir yang cocok bagi orang – orang yang berkepribadian ESTP:
Ø  Teknis medis darurat
Ø  Penjual alat – alat olahraga
Ø  Broker saham
Ø  Perwira Lembaga Pemasyarakatan
Ø  Psikolog
Ø  Agen asuransi
Ø  Teknis sipil
Ø  Entrepreneur
Ø  Biolog kelautan
Ø  Investigator swasta
Ø  Agen tur
Ø  Atlit/ pelatih professional
Ø  Kontraktor
Ø  Pengembang permainan elektronik
Ø  Pengembang real astat

Bagaimana mencintai seorang ESTP
Ø  Hargailah sifat saya yang periang dan sangat social
Ø  Doronglah saya untuk spontan dan mengikuti dorongan – dorongan saya
Ø  Bersikaplah jujur, terus terang dan tidak emosional ketika membahas persoalan
Ø  Hormatilah kebutuhan saya terhadap kebebasan
Ø  Cobalah tidak menekan saya untuk berbicara tentang masalah – masalah emosional sebelum saya siap
Ø  Yang terpenting, bersenang – senanglah dengan saya dan berpartisipasilah dalam petualangan – petualangan saya

Mendidik anak – anak bertipe ESTP
  Kesenangan dan tantangan membesarkan anak – anak bertipe ESTP:
          Mereka aktif, tak pernah merasa takut, dan energik, tetapi dapat juga sembrono, terlalu berani dan tidak bertanggungjawab. Mereka mudah bergaul, ramah, dan menyenangkan, tetapi juga cenderung melupakan atau mengabaikan aturan dan batasan dan mungkin tidak eduli dengan komitmen.
 
  Apa yang berhasil untuk dilakukan pada anak – anak bertipe ESTP:
Ø  Bersabarlah dengan pertanyaan dan komentar yang berulang – ulang
Ø  Bersikap konsisten, cepat dan tanggap dalam menegakkan aturan; jangan bicara, tunjukkan apa yang Anda maksudkan
Ø  Jadikan tugas sebagai permainan; gunakan kesenangan sebagai insentif dan penghargaan bagi inisiatif
Orangtua dari tipe ESTP akan mengetahui bahwa Anda benar – benar mencintai mereka ketika Anda mengajak mereka (dan seorang sahabat) ke tempat hiburan dan bersenang – senang sepanjang hari.

Memahami orang – orang bertipe ESTP
Bagaimana menandai orang bertipe ESTP :
Ø  Penuh semangat, cerewet, energik
Ø  Spontan, impulsive dan suka tertawa
Ø  Patuh dan sadar lingkungan
Ø  Ingin tahu, aktif, dan cepat bosan dengan hal – hal yang tidak aktif

Tips – tips untuk berkomunikasi dengan orang – orang berkepribadian ESTP :
Ø   Bersenang – senanglah! Tetaplah kerjakan banyak hal dan jangan terlalu serius
Ø  Tawarkan hasil – hasil proyek yang praktis dan pragmatis
Ø  Bersikaplah spesifik dan terus – terang; jangan masukkan gurauan dalam hati

Gambaran seorang ESTP
Julukan : Sang Pelaku



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan untuk Wawancara Kurikulum 2013

Kali ini saya mem posting  salah satu tugas dari Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran. Tugasnya yaitu membuat pertanyaan sebanyak - banyaknya yang kemudian akan di jadikan Kisii - Kissi dalam bentuk tabel,   sebagai patokan dalam wawancara. Sehingga dapat memudahkan kita dalam membawa alur pembicaraan pada saat wawancara nanti. Dan disini saya mendapatkan 40 butir pertanyaan sebagai bekal untuk wawancara. Selamat berproses :). NO.ABSEN :PGSD 3/C-17 NAMA :AMALINAKHAIRUNNISA NIM :2227132065 NO.HP :087808724495 MATA KULIAH :KURIKULUM & PEMBELAJARAN PERTANYAAN- PERTANYAAN WAWANCARA 1. Apakah Kurikulum 2013 itu? 2. Apa tujuan di bentuknya Kurikulum 2013? 3. Apa perbedaan K-13 dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)? 4. Mengapa berbagai pihak menolak adanya K-13? 5. Mengapa Kurikulum diubah? 6. Apa kekurangan dari K-13? 7. Apa kelebihan dari K-13? 8. Jika K-13 berbasis tema, lalu ada mata pelajaran apa saja di SD? 9. Bagaimana proses pembelajaran

Hasil Wawancara tentang Kurikulum 2013

Berikut hasil wawancara yang saya lakukan dengan teman biacara dan diskusi seorang guru yang berpengala man dalam mengajar dengan kurikulum 2013. IDENTITAS WAWANCARA Nama                                       : Evi Ridawati, S. Pd, M. M NIP                                          : 1964041419084102010 Tempat, Tanggal, Lahir           : Serang, 14 April 1964 Alamat                                     : Jln. Resik II No. 56 RT 006/004 Kramatwatu, Serang 42161, Serang, Banten Jabatan                                     : Guru Kelas Tempat Mengajar                    : SDN Kramatwatu 3 Facebook                                 : Ratih Bahar/ Evi Bahar HASIL WAWANCARA Narasumber               : Evi Ridawati, S. Pd, M. M Jabatan                       : Guru Kelas Hari, Tgl                     : Minggu, 14 Desember 2014 1.       Apakah Kurikulum 2013 itu? Jawab: “kurikulum yang berbasis tema di materi pembelajarannya, yang mengutamakan pendidikan

Asal Usul Kramatwatu

Nama kramatwatu adalah sebuah kecamatan di kabupaten Serang. Untuk mengetahui asal usul daerah dimana saya tinggal tidak cukup jika hanya browsing melalui internet saja, tetapi disini saya mencari sumber dari warga setempat. Hal ini disebabkan oleh minimnya postingan mengenai asal usul kramatwatu. Jika dilihat dari beberapa objek yang ada di kec. Kramatwatu seperti Tasikardi dan gunung pinang, mungkin bisa kita tarik kesimpulan dari kisah adanya gunung pinang di kec. Kramatwatu ini. Singkat cerita ada seorang anak yang durhaka pada ibunya, kemudian perahu yang digunakannya terbalik dan akhirnya menjadi gunung pinang. Jika di Sumatra ada kisah malin kundang yang menjadi batu, di Bandung ada tangkuban parahu, maka di kramatwatu ada pula cerita gunung pinang yang menurut saya kolaborasi  dari kisah Malin kundang dengan tangkuban parahu. Tangkuban parahu merupakan nama objek wisata yang dimana berada didaerah Bandung dan menggunakan bahasa sunda sehingga daerah dimana saya tinggal m