Langsung ke konten utama

Asal Usul Kramatwatu


Nama kramatwatu adalah sebuah kecamatan di kabupaten Serang. Untuk mengetahui asal usul daerah dimana saya tinggal tidak cukup jika hanya browsing melalui internet saja, tetapi disini saya mencari sumber dari warga setempat. Hal ini disebabkan oleh minimnya postingan mengenai asal usul kramatwatu.

Jika dilihat dari beberapa objek yang ada di kec. Kramatwatu seperti Tasikardi dan gunung pinang, mungkin bisa kita tarik kesimpulan dari kisah adanya gunung pinang di kec. Kramatwatu ini. Singkat cerita ada seorang anak yang durhaka pada ibunya, kemudian perahu yang digunakannya terbalik dan akhirnya menjadi gunung pinang. Jika di Sumatra ada kisah malin kundang yang menjadi batu, di Bandung ada tangkuban parahu, maka di kramatwatu ada pula cerita gunung pinang yang menurut saya kolaborasi  dari kisah Malin kundang dengan tangkuban parahu. Tangkuban parahu merupakan nama objek wisata yang dimana berada didaerah Bandung dan menggunakan bahasa sunda sehingga daerah dimana saya tinggal mayoritas warganya menggunakan JASENG (Jawa-Serang), maka disebutlah perahu terbalik yang karam itu menjadi batu keramat jika di dalam bahasa jawa disebut kramatwatu (kramat=sesuatu yang sangat penting, mistis. Watu=batu). Mungkin dari sini warga menamakan daerah disekitar gunung pinang tersebut dengan nama kramatwatu. 

Jika dari pernyataan warga bahwa sekitar dan beberapa warga yang saya minta penjelasaan ada yang bilang bahwa kramatwatu itu subur dan tidak pernah kekeringan karena pada jaman dahulu ada seorang malaikat yang menyamar sebagai pengemis atau tukang minta-minta atau gelandangan dan semacamnya. Lalu ia meminta air untuk diminum kepada warga disini kemudian diberilah air secangkir. Lalu ia juga meminta air didaerah gempol kepada warga kemudian diberi serantang. Dan juga meminta air didaerah Bojonegara, namun disana tidak ada warga yang memberikannya air. Singkat cerita didaerah kramatwatu terdapat beberapa sumber mata air dan tidak pernah kekeringan, didaerah Gempol rerdapat air yang melimpah pula di Bojonegara selalu kekeringan meskipun berada didaerah pegunungan dan dapat dengan pesisir pantai.

Dari beberapa orang yang berbeda ada pula yang mengatakan bahwa di kecamatan kramatwatu ini terdapat batu yang besar dan lebar di bawah pemukiman warga sekitar. Karena ada beberapa warga yang saat ingin mengebor tanah untuk air dirumahnya akan terhalang batu sebelum sampai mendapatkan sumber air.

Untuk mengetahui cerita lebih detilnya mengenai Gunung Pinang bisa di lihat disini, http://legendabanten.blogspot.com/2013/03/legenda-gunung-pinang-banten.htm . Dan untuk mengetahui cerita lebih jelasnya tentang Tasikardi bisa di lihat disini, http://legendabanten.blogspot.com/2013/03/asal-usul-tasikardi.htmll . Karena kedua sumber tersebut menjadi patokan saya dalam mengambil kesimpulan. Selamat berproses :).

Salam Penulis,

Annisakhn

Komentar

  1. gempol belah mana yang ada airnya

    BalasHapus
  2. Bukannya kramatwatu ada kaitannya sama penamaan pandeglang. Kramatwatu adalah tempat ditemukann batu kramat untuk menjadi syarat pernikahan dalam cerita sejarah penamaan pandeglang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan untuk Wawancara Kurikulum 2013

Kali ini saya mem posting  salah satu tugas dari Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran. Tugasnya yaitu membuat pertanyaan sebanyak - banyaknya yang kemudian akan di jadikan Kisii - Kissi dalam bentuk tabel,   sebagai patokan dalam wawancara. Sehingga dapat memudahkan kita dalam membawa alur pembicaraan pada saat wawancara nanti. Dan disini saya mendapatkan 40 butir pertanyaan sebagai bekal untuk wawancara. Selamat berproses :). NO.ABSEN :PGSD 3/C-17 NAMA :AMALINAKHAIRUNNISA NIM :2227132065 NO.HP :087808724495 MATA KULIAH :KURIKULUM & PEMBELAJARAN PERTANYAAN- PERTANYAAN WAWANCARA 1. Apakah Kurikulum 2013 itu? 2. Apa tujuan di bentuknya Kurikulum 2013? 3. Apa perbedaan K-13 dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)? 4. Mengapa berbagai pihak menolak adanya K-13? 5. Mengapa Kurikulum diubah? 6. Apa kekurangan dari K-13? 7. Apa kelebihan dari K-13? 8. Jika K-13 berbasis tema, lalu ada mata pelajaran apa saja di SD? 9. Bagaimana proses pembelajaran

Hasil Wawancara tentang Kurikulum 2013

Berikut hasil wawancara yang saya lakukan dengan teman biacara dan diskusi seorang guru yang berpengala man dalam mengajar dengan kurikulum 2013. IDENTITAS WAWANCARA Nama                                       : Evi Ridawati, S. Pd, M. M NIP                                          : 1964041419084102010 Tempat, Tanggal, Lahir           : Serang, 14 April 1964 Alamat                                     : Jln. Resik II No. 56 RT 006/004 Kramatwatu, Serang 42161, Serang, Banten Jabatan                                     : Guru Kelas Tempat Mengajar                    : SDN Kramatwatu 3 Facebook                                 : Ratih Bahar/ Evi Bahar HASIL WAWANCARA Narasumber               : Evi Ridawati, S. Pd, M. M Jabatan                       : Guru Kelas Hari, Tgl                     : Minggu, 14 Desember 2014 1.       Apakah Kurikulum 2013 itu? Jawab: “kurikulum yang berbasis tema di materi pembelajarannya, yang mengutamakan pendidikan