Langsung ke konten utama

ESTJ (Ekstravert, Sensor, Thinker, Judger)

Tipe 2
Hidup sebagai seorang ESTJ
(Ekstravert, Sensor, Thinker, Judger)

Orang – orang bertipe ini cenderung menjadi : energetic, ramah, dan blak – blakan; produktif, rapi dan efisien; realistis dan logis; tetapi seringkali skeptic terhadap gagasan – gagasan baru atau yang belum teruji; jujur dan lagsung pada pokok persoalan; pengambilan keputusan yang cepat, tradisional, serius dan bertanggungjawab.l
Hal yang paling penting bagi ESTJ adalah mengerjakan hal yang benar dan bertanggungjawab.

Karir – Karir Besar untuk ESTJ
Inilah beberapa karir popular dan seringkali memuaskan bagi orang – orang bertipe ESTJ :
Ø  Business Excecutive (Eksekutif Bisnis)
Ø  Perwira Militer
Ø  Chie Information Officer (Kepla Departeme Informasi)
Ø  Penjual Alat – Alat Olahraga
Ø  Paralegal
Ø  Agen Riil Estat
Ø  Analis Bujet
Ø  Administrator Perawatan Kesehatan
Ø  Manajer Database
Ø  Penasihat Hokum Financial Korporat
Ø  Farmaris (Ahli Farmasi)
Ø  Konsultan Kredit
Ø  Agen Asuransi
Ø  Guru : Perdagangan, Industry Dan Teknis
Ø  Manajer Properti

Bagaimana mencintai seseorang bertipe ESTJ
Ø  Hargailah betapa bertanggungjawabnya saya
Ø  Hormatilah pendapat saya dan dengarkan nasihat saya
Ø  Lihat, akui dan berterima kasihlah pada saya atas kerja keras saya dan dedikasi saya terhadapmu dan keluarga kita
Ø  Bersikaplah jujur, langsung dan spesifik ketika mendiskusikan persoalan – persoalan
Ø  Cobalah untuk tidak mengganggu rutinitas saya dan jagalah agar rumah tetap rapi
Ø  Yang terpenting, hormatilah keinginan saya untuk bertanggungjawab dan memegang kendali sebisa mungkin

Mendidik anak bertipe ESTJ
      Kesenangan dan tantangan mendidik anak – anak ESTJ :
                Mereka adalah anak – anak yang lgis dan realistis tetapi cenderung bersikap seperti bos dan sulit untuk bersabar. Sementara mereka bekerja keras, bertanggungjawab, dan terpercaya, mereka cenderung menjadi sangat enggan untuk mencoba hal – hal baru dan seringkali menentang perubahan.

Apa yang berhasil pada anak – anak bertipe ESTJ :
Ø  Bersikaplah spesifik dan harafiah pada apa yang Anda katakana dan perintahkan kepada mereka; katakana fakta – fakta secara langsung
Ø  Persiapkan mereka terlebih dahulu untuk pengalaman dan perubahan baru dalam rencana
Ø  Jelaskan penyebab dan dampak tindakkan – tindakkan, terutama respons emosional orang lain.
Orangtua dari anak – anak bertipe ESTJ : mereka akan tahu Anda benar – benar mencintai mereka ketika Anda membiarkan diri mereka mengorganisasi dan bertanggungjawab atas suatu aktivitas yang telah direncanakan dengan sekelompok kawan.

Memahami orang – orang bertipe ESTJ :
Kunci sukses terletak pada kemampuan Anda untuk cepat – cepat menguasai orang lain, dan berbicara dengan bahasa mereka. Inilah beberapa petunjuk untuk memahami (SpeedReading) dan berkomunikasi (SpeedReaching) dengan orang – orang bertipe ESTJ.

Bagaimana menandai orang – orang bertipe ESTJ :
Ø  Mempunyai energy sepenuh hati, seperti bisnis
Ø  Pembuat keputusan yang tegas dan logis
Ø  Langsung, tidak omong kosong dan praktis
Ø  Berpakaian konservatif dan fungsional
Tips untuk berkomunikasi dengan orang – orang bertipe ESTJ :
Ø  Bersikaplah tegas dan langsung pada pokok persoalan
Ø  Bersikaplah untuk mendukung gagasan – gagasan anda dengan alasan – alasan logis
Ø  Pedulilah terhadap rasa kejujuran mereka


Gambaran seorang ESTJ
Julukan : Sang Penjaga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan untuk Wawancara Kurikulum 2013

Kali ini saya mem posting  salah satu tugas dari Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran. Tugasnya yaitu membuat pertanyaan sebanyak - banyaknya yang kemudian akan di jadikan Kisii - Kissi dalam bentuk tabel,   sebagai patokan dalam wawancara. Sehingga dapat memudahkan kita dalam membawa alur pembicaraan pada saat wawancara nanti. Dan disini saya mendapatkan 40 butir pertanyaan sebagai bekal untuk wawancara. Selamat berproses :). NO.ABSEN :PGSD 3/C-17 NAMA :AMALINAKHAIRUNNISA NIM :2227132065 NO.HP :087808724495 MATA KULIAH :KURIKULUM & PEMBELAJARAN PERTANYAAN- PERTANYAAN WAWANCARA 1. Apakah Kurikulum 2013 itu? 2. Apa tujuan di bentuknya Kurikulum 2013? 3. Apa perbedaan K-13 dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)? 4. Mengapa berbagai pihak menolak adanya K-13? 5. Mengapa Kurikulum diubah? 6. Apa kekurangan dari K-13? 7. Apa kelebihan dari K-13? 8. Jika K-13 berbasis tema, lalu ada mata pelajaran apa saja di SD? 9. Bagaimana proses pembelajaran

Hasil Wawancara tentang Kurikulum 2013

Berikut hasil wawancara yang saya lakukan dengan teman biacara dan diskusi seorang guru yang berpengala man dalam mengajar dengan kurikulum 2013. IDENTITAS WAWANCARA Nama                                       : Evi Ridawati, S. Pd, M. M NIP                                          : 1964041419084102010 Tempat, Tanggal, Lahir           : Serang, 14 April 1964 Alamat                                     : Jln. Resik II No. 56 RT 006/004 Kramatwatu, Serang 42161, Serang, Banten Jabatan                                     : Guru Kelas Tempat Mengajar                    : SDN Kramatwatu 3 Facebook                                 : Ratih Bahar/ Evi Bahar HASIL WAWANCARA Narasumber               : Evi Ridawati, S. Pd, M. M Jabatan                       : Guru Kelas Hari, Tgl                     : Minggu, 14 Desember 2014 1.       Apakah Kurikulum 2013 itu? Jawab: “kurikulum yang berbasis tema di materi pembelajarannya, yang mengutamakan pendidikan

Asal Usul Kramatwatu

Nama kramatwatu adalah sebuah kecamatan di kabupaten Serang. Untuk mengetahui asal usul daerah dimana saya tinggal tidak cukup jika hanya browsing melalui internet saja, tetapi disini saya mencari sumber dari warga setempat. Hal ini disebabkan oleh minimnya postingan mengenai asal usul kramatwatu. Jika dilihat dari beberapa objek yang ada di kec. Kramatwatu seperti Tasikardi dan gunung pinang, mungkin bisa kita tarik kesimpulan dari kisah adanya gunung pinang di kec. Kramatwatu ini. Singkat cerita ada seorang anak yang durhaka pada ibunya, kemudian perahu yang digunakannya terbalik dan akhirnya menjadi gunung pinang. Jika di Sumatra ada kisah malin kundang yang menjadi batu, di Bandung ada tangkuban parahu, maka di kramatwatu ada pula cerita gunung pinang yang menurut saya kolaborasi  dari kisah Malin kundang dengan tangkuban parahu. Tangkuban parahu merupakan nama objek wisata yang dimana berada didaerah Bandung dan menggunakan bahasa sunda sehingga daerah dimana saya tinggal m