Langsung ke konten utama

INTP (Introvert, Intuitive, Thinker, Perceiver)

TIPE 14
Hidup sebagai seorang INTP
(Introvert, Intuitive, Thinker, Perceiver)

            Orang – orang berkepribadian ini cenderung untuk; tenang, mandiri dan privat; logis dan tidak emosional; kreatif dan inovatif, pemikir global; ingin tahu dan terdorong untuk meningkatkan kompetensi; kasual, adaptatif; tidak mau kompromi dan tak dapat diprediksi.
                Hal yang paling penting bagi orang – orang bertipe INTP adalah privasi mereka dan kesempatan untuk menyelesaikan masalah – masalah kompleks dengan cara yang unik.

Karir untuk tipe INTP
            Inilah beberapa karir yang cocok bagi orang – orang yang berkepribadian INTP:
Ø  Desainer/ pengembang perangkat lunak computer
Ø  Kapitalis
Ø  Mediator hokum
Ø  Analis financial
Ø  Ekonom
Ø  Professor; filsafat, ekonomi
Ø  Musisi
Ø  Pengacara hak intelektual
Ø  Desainer website
Ø  Investigator
Ø  Perencana strategis
Ø  Neurology
Ø  Periset obat
Ø  Spesialis jaringan

Mencintai seorang INTP
Ø  Hormatilah privasi dan kemandirian saya
Ø  Hargailah kompetensi saya dan gagasan kreatif saya yang berlimpah
Ø  Dukunglah saya untuk menghabiskan waktu sendiri
Ø  Jangan banyak bicara atau memaksakan percakapan emosional sebelum saya siap
Ø  Cobalah tidak mengeluh pada saya tentang tenggat waktu atau kekacauan
Ø  Yang terpenting, beri saya banyak ruang untuk mengejar kegemaran saya dan beri saya waktu untuk berpikir banyak hal

Mendidik anak – anak bertipe INTP
  Kesenangan dan tantangan membesarkan anak – anak bertipe INTP:
          Mereka ingin tahu, mandiri dan berkehendak kuat, tetapi juga cenderung untuk enggan berbagi emosi, ketakutan atau kecemasan mereka. Mereka kreatif, logis, dan inovatif, tetapi mereka biasanya juga kritis, argumentative dan mengabaikan aturan atau otoritas.
 
  Yang berhasil untuk dilakukan pada anak – anak bertipe INTP:
Ø  Hormatilah privasi mereka dan carilah kesamaan minat untuk memperkuat kedekatan intimasi
Ø  Jangan membuat mereka tergesa – gesa, biarkan mereka melakukan segala sesuatunya bagi mereka sendiri dan belajar dari konsekuensi kegagalan maupun keberhasilan mereka
Ø  Bersiaplah untuk ditantang ketika mereka berjuang untuk mencapai kesempurnaan dalam argument mereka
Orangtua dari tipe INTP akan mengetahui bahwa Anda benar – benar mencintai mereka ketika Anda benar – benar mencintai mereka manakala Anda mengirim mereka ke kelompok kemah.

Memahami orang – orang bertipe INTP
       Bagaimana menAndai orang bertipe INTP :
Ø  Privat, selektif dan menyendiri
Ø  Tenang, menjauh dan tidak emosional
Ø  Logis, intelektual, dan analitis
Ø  Kasual, kalem dan mudah beradaptasi

Tips – tips untuk berkomunikasi dengan INTP :
Ø  Tantanglah kreativitas mereka untuk menyelesaikan persoalan yang kompleks
Ø  Hormatilah kompetensi dan keahlian mereka
Ø  Beri mereka banyak waktu untuk berpikir tentang segala sesuatunya dengan cara baru

Gambaran seorang INTP
Julukan : Sang Pemikir




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan untuk Wawancara Kurikulum 2013

Kali ini saya mem posting  salah satu tugas dari Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran. Tugasnya yaitu membuat pertanyaan sebanyak - banyaknya yang kemudian akan di jadikan Kisii - Kissi dalam bentuk tabel,   sebagai patokan dalam wawancara. Sehingga dapat memudahkan kita dalam membawa alur pembicaraan pada saat wawancara nanti. Dan disini saya mendapatkan 40 butir pertanyaan sebagai bekal untuk wawancara. Selamat berproses :). NO.ABSEN :PGSD 3/C-17 NAMA :AMALINAKHAIRUNNISA NIM :2227132065 NO.HP :087808724495 MATA KULIAH :KURIKULUM & PEMBELAJARAN PERTANYAAN- PERTANYAAN WAWANCARA 1. Apakah Kurikulum 2013 itu? 2. Apa tujuan di bentuknya Kurikulum 2013? 3. Apa perbedaan K-13 dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)? 4. Mengapa berbagai pihak menolak adanya K-13? 5. Mengapa Kurikulum diubah? 6. Apa kekurangan dari K-13? 7. Apa kelebihan dari K-13? 8. Jika K-13 berbasis tema, lalu ada mata pelajaran apa saja di SD? 9. Bagaimana proses pembelajaran

Hasil Wawancara tentang Kurikulum 2013

Berikut hasil wawancara yang saya lakukan dengan teman biacara dan diskusi seorang guru yang berpengala man dalam mengajar dengan kurikulum 2013. IDENTITAS WAWANCARA Nama                                       : Evi Ridawati, S. Pd, M. M NIP                                          : 1964041419084102010 Tempat, Tanggal, Lahir           : Serang, 14 April 1964 Alamat                                     : Jln. Resik II No. 56 RT 006/004 Kramatwatu, Serang 42161, Serang, Banten Jabatan                                     : Guru Kelas Tempat Mengajar                    : SDN Kramatwatu 3 Facebook                                 : Ratih Bahar/ Evi Bahar HASIL WAWANCARA Narasumber               : Evi Ridawati, S. Pd, M. M Jabatan                       : Guru Kelas Hari, Tgl                     : Minggu, 14 Desember 2014 1.       Apakah Kurikulum 2013 itu? Jawab: “kurikulum yang berbasis tema di materi pembelajarannya, yang mengutamakan pendidikan

Asal Usul Kramatwatu

Nama kramatwatu adalah sebuah kecamatan di kabupaten Serang. Untuk mengetahui asal usul daerah dimana saya tinggal tidak cukup jika hanya browsing melalui internet saja, tetapi disini saya mencari sumber dari warga setempat. Hal ini disebabkan oleh minimnya postingan mengenai asal usul kramatwatu. Jika dilihat dari beberapa objek yang ada di kec. Kramatwatu seperti Tasikardi dan gunung pinang, mungkin bisa kita tarik kesimpulan dari kisah adanya gunung pinang di kec. Kramatwatu ini. Singkat cerita ada seorang anak yang durhaka pada ibunya, kemudian perahu yang digunakannya terbalik dan akhirnya menjadi gunung pinang. Jika di Sumatra ada kisah malin kundang yang menjadi batu, di Bandung ada tangkuban parahu, maka di kramatwatu ada pula cerita gunung pinang yang menurut saya kolaborasi  dari kisah Malin kundang dengan tangkuban parahu. Tangkuban parahu merupakan nama objek wisata yang dimana berada didaerah Bandung dan menggunakan bahasa sunda sehingga daerah dimana saya tinggal m