Langsung ke konten utama

ESFP (Ekstravert, Sensor, Feeler, Perceiver)

TIPE 9
Hidup sebagai seorang ESFP
(Ekstravert, Sensor, Feeler, Perceiver)

            Orang – orang berkepribadian ini cenderung: hangat, menyenangkan dan riang; impulsive, ingin tahu dan banyak bicara; sensitif penuh perhatian dan lembut; social dan tidak dapat diprediksi dengan semangat hidup besar; aktif, responsive, dan sangat sadar akan dunia fisik.
                Hal yang paling penting bagi orang – orang bertipe ESFP adalah kebebasan untuk bersikap spontan, bersenang – senang dan menikmati pergaulan dengan orang lain.

Karir untuk tipe ESFP
            Inilah beberapa karir yang cocok bagi orang – orang yang berkepribadian ESFP:
Ø  Guru sekolah dasar
Ø  Asisten dokter gigi
Ø  Terapis fisik
Ø  Pekerja social kesehatan
Ø  Spesialis kehumasan
Ø  Teknisi radiologis
Ø  Terapis pekerjaan
Ø  Agen travel/ operator tur
Ø  Promoter
Ø  Actor
Ø  Organizer
Ø  Biolog kelautan
Ø  Penjual alat – alat olahraga

Bagaimana mencintai seorang ESFP
Ø  Hargailah sifat saya yang penuh semangat dan mudah bergaul
Ø  Bersenang – senanglah dengan saya, cobalah petualangan – petualangan baru dengan saya
Ø  Jadilah pendengar yang suportif dan tidak menghakimi
Ø  Bersikaplah lembut tetapi spesifik ketika mendiskusikan persoalan
Ø  Cobalah tidak membatasi spesifik ketika mendiskusikan persoalan
Ø  Cobalah tidak membatasi kebebasan saya atau memaksakan keputusan terlalu cepat
Ø  Yang terpenting, ekspresikan perasaan Anda sendiri dan beritahu saya Anda menghargai banyak cara yang saya lakukan pada Anda

Mendidik anak – anak bertipe ESFP
  Kesenangan dan tantangan membesarkan anak – anak bertipe ESFP:
          Mereka periang, menyenangkan dan bersemangat tinggi, tetapi mungkin juga menyimpang, tak terorganisir, dan impulsive. Mereka penuh kasih, send=sitif, dan responsive, tetapi juga cenderung hanya melihat kebaikan dalam diri orang lain sehingga mereka mudah disakiti atau termanipulasi.
 
  Apa yang berhasil untuk dilakukan pada anak – anak bertipe ESFP:
Ø  Dengan[ sabar tunjukkan sikap tidak berlebihan dan cegahlah mereka dari perilaku yang buruk dengan mengizinkan mereka membantu
Ø  Beri mereka banyak arahan dan instruksi spesifik: tunjukkan pada mereka apa yang Anda maksudkan
Ø  Terimalah kebutuhan mereka untuk aktif secara fisik dan jangan harap mereka mampu duduk tenang lebih dari beberapa menit
Orangtua dari tipe ESFP akan mengetahui bahwa Anda benar – benar mencintai mereka ketika Anda benar – benar mencintai mereka manakala Anda mengadakan pesta kejutan bagi mereka.

Memahami orang – orang bertipe ESFP
       Bagaimana menAndai orang bertipe ESFP :
Ø  Bersahabat, mudah didekati dan mudah bergaul
Ø  Energik, banyak bicara dan riang
Ø  Ingin tahu, bergairah, dan spontan
Ø  Mengekspresikan perhatian pada masalah orang lain

Tips – tips untuk berkomunikasi dengan ESFP :
Ø  Bersabarlah tetapi juga berterus – terang
Ø  Tekankan bagaimana membantu orang lain dengan cara – cara yang praktis
Ø  Ambillah tindakan! Segera respons permintaan – permintaan
Ø  Hargai akal sehat mereka

Gambaran seorang ESFP
Julukan : Sang Pelaku




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan untuk Wawancara Kurikulum 2013

Kali ini saya mem posting  salah satu tugas dari Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran. Tugasnya yaitu membuat pertanyaan sebanyak - banyaknya yang kemudian akan di jadikan Kisii - Kissi dalam bentuk tabel,   sebagai patokan dalam wawancara. Sehingga dapat memudahkan kita dalam membawa alur pembicaraan pada saat wawancara nanti. Dan disini saya mendapatkan 40 butir pertanyaan sebagai bekal untuk wawancara. Selamat berproses :). NO.ABSEN :PGSD 3/C-17 NAMA :AMALINAKHAIRUNNISA NIM :2227132065 NO.HP :087808724495 MATA KULIAH :KURIKULUM & PEMBELAJARAN PERTANYAAN- PERTANYAAN WAWANCARA 1. Apakah Kurikulum 2013 itu? 2. Apa tujuan di bentuknya Kurikulum 2013? 3. Apa perbedaan K-13 dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)? 4. Mengapa berbagai pihak menolak adanya K-13? 5. Mengapa Kurikulum diubah? 6. Apa kekurangan dari K-13? 7. Apa kelebihan dari K-13? 8. Jika K-13 berbasis tema, lalu ada mata pelajaran apa saja di SD? 9. Bagaimana proses pembelajaran

Hasil Wawancara tentang Kurikulum 2013

Berikut hasil wawancara yang saya lakukan dengan teman biacara dan diskusi seorang guru yang berpengala man dalam mengajar dengan kurikulum 2013. IDENTITAS WAWANCARA Nama                                       : Evi Ridawati, S. Pd, M. M NIP                                          : 1964041419084102010 Tempat, Tanggal, Lahir           : Serang, 14 April 1964 Alamat                                     : Jln. Resik II No. 56 RT 006/004 Kramatwatu, Serang 42161, Serang, Banten Jabatan                                     : Guru Kelas Tempat Mengajar                    : SDN Kramatwatu 3 Facebook                                 : Ratih Bahar/ Evi Bahar HASIL WAWANCARA Narasumber               : Evi Ridawati, S. Pd, M. M Jabatan                       : Guru Kelas Hari, Tgl                     : Minggu, 14 Desember 2014 1.       Apakah Kurikulum 2013 itu? Jawab: “kurikulum yang berbasis tema di materi pembelajarannya, yang mengutamakan pendidikan

Asal Usul Kramatwatu

Nama kramatwatu adalah sebuah kecamatan di kabupaten Serang. Untuk mengetahui asal usul daerah dimana saya tinggal tidak cukup jika hanya browsing melalui internet saja, tetapi disini saya mencari sumber dari warga setempat. Hal ini disebabkan oleh minimnya postingan mengenai asal usul kramatwatu. Jika dilihat dari beberapa objek yang ada di kec. Kramatwatu seperti Tasikardi dan gunung pinang, mungkin bisa kita tarik kesimpulan dari kisah adanya gunung pinang di kec. Kramatwatu ini. Singkat cerita ada seorang anak yang durhaka pada ibunya, kemudian perahu yang digunakannya terbalik dan akhirnya menjadi gunung pinang. Jika di Sumatra ada kisah malin kundang yang menjadi batu, di Bandung ada tangkuban parahu, maka di kramatwatu ada pula cerita gunung pinang yang menurut saya kolaborasi  dari kisah Malin kundang dengan tangkuban parahu. Tangkuban parahu merupakan nama objek wisata yang dimana berada didaerah Bandung dan menggunakan bahasa sunda sehingga daerah dimana saya tinggal m