Langsung ke konten utama

ENFP (Ekstravert, Intuitive, Feeler, Perceiver)

TIPE 8
Hidup sebagai seorang ENFP
(Ekstravert, Intuitive, Feeler, Perceiver)

            Orang – orang berkepribadian ini cenderung untuk: penuh semangat, cerewet dan mudah bergaul; pintar, ingin tahu dan menyenangkan; penuh perhatian, sensitive, dan lembut; sangat inovativ, kreatif, optimis, dan unik; mudah beradaptasi tetapi kadang – kadang tidak rapi.
                Hal yang paling penting bagi orang – orang bertipe ENFP adalah kebebasan untuk melihat kemungkinan, membuat hubungan dan bersama beragam jenis manusia.

Karir untuk tipe ENFP
            Inilah beberapa karir yang cocok bagi orang – orang yang berkepribadian ENFP:
Ø  Advertising account counselor
Ø  Konsultan manajemen
Ø  Pengembang perangkat lunak pendidikan
Ø  Aktor
Ø  Jurnalis/ reporter majalah
Ø  Desainer grafis
Ø  Art director
Ø  Copywriter
Ø  Pelatih tim korporat
Ø  Psikolog
Ø  Penemu
Ø  Staf departemen personalia
Ø  Konselor kesejahteraan anak

Bagaimana mencintai seorang ENFP
Ø  Hargailah kreativitas, rasa ingin tahu dan keunikan saya
Ø  Beritahu sebanyak yang saya mau dan bersabarlah dengan kebutuhan saya untuk memprosesnya secara pribadi sebelum saya berbagi dengan Anda
Ø  Bangun kembali keharmonisan dengan cepat
Ø  Dukung kebutuhan saya untuk mencoba pengalaman – pengalaman baru dan jagalah banyak persahabatan saya
Ø  Cobalah tidak memaksakan keputusan terlampau cepat; atau mengeluh pada saya tentang hal – hal buruk
Ø  Yang terpenting, dukunglah saya untuk tetap tumbuh, berubah dan bereksperimen dengan hidup ini

Mendidik anak – anak bertipe ENFP
  Kesenangan dan tantangan membesarkan anak – anak bertipe ENFP:
          Mereka kreatif, original dan penuh gagasan baru, tetapi mungkin memulai lebih banyak pekerjaan daripada yang dapat mereka selesaikan. Mereka cenderung impulsive, mudah beradaptasi dan ingin tahu tetapi juga dapat menuimpang, tidak terorganisir, dan sulit mengambil keputusan.
 
  Apa yang berhasil untuk dilakukan pada anak – anak bertipe ENFP:
Ø  Bersabarlah dengan pertanyaan – pertanyaan yang tak selesai; dukunglah rasa ingin tahu dan fantasi mereka
Ø  Dukunglah keinginan mereka untuk berpikir keras; bantulah mereka membuat keputusan
Ø  Bersikap suportif tetapi jangan coba berbicara pada mereka mengenai perasaan mereka
Orangtua dari tipe ENFP akan mengetahui bahwa Anda benar – benar mencintai mereka ketika Anda benar – benar mencintai mereka manakala Anda secara antusias mendengarkan banyak gagasan mereka atau pergi berpetualang.

Memahami orang – orang bertipe ENFP
       MenAndai orang - orang bertipe ENFP :
Ø  Energy tinggi, bersahabt dan bersikap baik
Ø  Imajinatif, menyenangkan dan riang
Ø  Ingin tahu; diskusi bergerak cepat dari satu topic ke topic lain
Ø  Hangat, penuh perhatian dan bersemangat untuk membantu menyelesaikan persoalan

Tips – tips untuk berkomunikasi dengan ENFP :
Ø  Fokus pada kemungkinan – kemungkinan yang menarik dan inovatif dan cara – cara baru menyelesaikan persoalan
Ø  Jangan memenuhi mereka dengan fakta dan detail
Ø  Tetaplah santai, hangat dan fleksibel
Gambaran seorang ENFP

Julukan : Sang Inspirator

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan untuk Wawancara Kurikulum 2013

Kali ini saya mem posting  salah satu tugas dari Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran. Tugasnya yaitu membuat pertanyaan sebanyak - banyaknya yang kemudian akan di jadikan Kisii - Kissi dalam bentuk tabel,   sebagai patokan dalam wawancara. Sehingga dapat memudahkan kita dalam membawa alur pembicaraan pada saat wawancara nanti. Dan disini saya mendapatkan 40 butir pertanyaan sebagai bekal untuk wawancara. Selamat berproses :). NO.ABSEN :PGSD 3/C-17 NAMA :AMALINAKHAIRUNNISA NIM :2227132065 NO.HP :087808724495 MATA KULIAH :KURIKULUM & PEMBELAJARAN PERTANYAAN- PERTANYAAN WAWANCARA 1. Apakah Kurikulum 2013 itu? 2. Apa tujuan di bentuknya Kurikulum 2013? 3. Apa perbedaan K-13 dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)? 4. Mengapa berbagai pihak menolak adanya K-13? 5. Mengapa Kurikulum diubah? 6. Apa kekurangan dari K-13? 7. Apa kelebihan dari K-13? 8. Jika K-13 berbasis tema, lalu ada mata pelajaran apa saja di SD? 9. Bagaimana proses pembelajaran

Hasil Wawancara tentang Kurikulum 2013

Berikut hasil wawancara yang saya lakukan dengan teman biacara dan diskusi seorang guru yang berpengala man dalam mengajar dengan kurikulum 2013. IDENTITAS WAWANCARA Nama                                       : Evi Ridawati, S. Pd, M. M NIP                                          : 1964041419084102010 Tempat, Tanggal, Lahir           : Serang, 14 April 1964 Alamat                                     : Jln. Resik II No. 56 RT 006/004 Kramatwatu, Serang 42161, Serang, Banten Jabatan                                     : Guru Kelas Tempat Mengajar                    : SDN Kramatwatu 3 Facebook                                 : Ratih Bahar/ Evi Bahar HASIL WAWANCARA Narasumber               : Evi Ridawati, S. Pd, M. M Jabatan                       : Guru Kelas Hari, Tgl                     : Minggu, 14 Desember 2014 1.       Apakah Kurikulum 2013 itu? Jawab: “kurikulum yang berbasis tema di materi pembelajarannya, yang mengutamakan pendidikan

Asal Usul Kramatwatu

Nama kramatwatu adalah sebuah kecamatan di kabupaten Serang. Untuk mengetahui asal usul daerah dimana saya tinggal tidak cukup jika hanya browsing melalui internet saja, tetapi disini saya mencari sumber dari warga setempat. Hal ini disebabkan oleh minimnya postingan mengenai asal usul kramatwatu. Jika dilihat dari beberapa objek yang ada di kec. Kramatwatu seperti Tasikardi dan gunung pinang, mungkin bisa kita tarik kesimpulan dari kisah adanya gunung pinang di kec. Kramatwatu ini. Singkat cerita ada seorang anak yang durhaka pada ibunya, kemudian perahu yang digunakannya terbalik dan akhirnya menjadi gunung pinang. Jika di Sumatra ada kisah malin kundang yang menjadi batu, di Bandung ada tangkuban parahu, maka di kramatwatu ada pula cerita gunung pinang yang menurut saya kolaborasi  dari kisah Malin kundang dengan tangkuban parahu. Tangkuban parahu merupakan nama objek wisata yang dimana berada didaerah Bandung dan menggunakan bahasa sunda sehingga daerah dimana saya tinggal m