Langsung ke konten utama

Pembagian Ilmu - Ilmu Akal

1. Dasar pembagian pokok ilmu
Ilmu pengetahuan terbagi kepada :
1). Ilmu yang bersifat teoritis
2). Ilmu yang bersifat praktis 
Ilmu - ilmu yang teoritis bertujuan untuk meyakinkan keadaan sesuatu yang tidak berhubungan langsung dengan perbuatan manusia. Maksudnya ialah mengemukakan suatu pendapat (opini), misalnya ilmu tentang keesaan tuhan dan ilmu perbintangan (astronomi).
Ilmu - ilmu yang praktis bertujuan bukan hanya untuk meyakinkan sesuatu, tetapi tujuannya ialah timbulnya suatu fikiran yang sehat tentang sesuatu yang berhubungan dengan perbuatan manusia, supaya dapat dilakukan sesuatu yang baik. Jadi maksudnya bukan hanya sekedar adanya pendapat, tetapi adanya pendapat untuk dikerjakan.
Maka tujuan ilmu - ilmu teoritis ialah (mencari) kebenaran, sedang tujuan ilmu - ilmu praktis ialah (mencari) kebaikan.

2. Ilmu - ilmu praktis
Berhubung dengan mengatur hidup manusia adakalanya mengenai dirinya pribadi, ada pula waktunya bukan semata pribadinya saja dan tidak hanya urusannya sendiri melainkan barulah terjadi dengan sempurna dengan berkumpul (dengan sesama manusia), dan berkumpul itu dapat dilakukan didalam suatu rumah tangga atau didalam masyarakat negara, maka segala ilmu - ilmu yang praktis di bagi kepada tiga :
1) Ilmu Akhlak (etika)
Ilmu pengetahuan yang pertama untuk mengetahui bagaimana seharusnya manusia didalam tingkah lakunya dan didalam tindak perbuatannya, sehingga dia hidup bahagia dunia dan akhirat.

2) Ilmu mengatur rumah tangga atau ILmu Ekonomi
Ilmu pengetahuan yang kedua ialah untuk mengetahui bagaimana seharusnya manusia mengatur hidupnya dalam rumah tangga, dimana dia berkumpul dengan isterinya, anaknya dan pelayannya, sehingga rumah tangganya teratur dan memungkinkan bagi tercapainya hidup bahagia.
Tentang ilmu ini telah dibicarakan dalam Bryson yang bernama "On the Governance of Household ", dan buku - buku bagi pengarang - pengarang lainnya.

3) Ilmu Politik
Ilmu pengetahuan yang ketiga ialah untuk mengetahui akan berbagai macam (kebijaksanaan) politik, soal - soal pimpinan negara, soal - soal yang berhubungan dengan masyarakat, yang baiknya ataupun yang jeleknya. Dengan ilmu ini dapat dipelajari cara masing - masing rakyat memenuhi kewajibannya, begitu pula sebab - sebab kejatuhan negara (pemerintah), cara pergantian kekuasaan, dan segala soal yang bersangkutan dengan negara dan pemerintahan.
Ilmu ini telah dibicarakan dalam buku - buku karangan Plato dan Aristotle, Politeia dan Politica".

Sumber : Ahmad, Zainal Abidin. 1974. NegaraAdil Makmur Menurut Ibnu Siena. Bulan Bintang. Jakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanyaan untuk Wawancara Kurikulum 2013

Kali ini saya mem posting  salah satu tugas dari Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran. Tugasnya yaitu membuat pertanyaan sebanyak - banyaknya yang kemudian akan di jadikan Kisii - Kissi dalam bentuk tabel,   sebagai patokan dalam wawancara. Sehingga dapat memudahkan kita dalam membawa alur pembicaraan pada saat wawancara nanti. Dan disini saya mendapatkan 40 butir pertanyaan sebagai bekal untuk wawancara. Selamat berproses :). NO.ABSEN :PGSD 3/C-17 NAMA :AMALINAKHAIRUNNISA NIM :2227132065 NO.HP :087808724495 MATA KULIAH :KURIKULUM & PEMBELAJARAN PERTANYAAN- PERTANYAAN WAWANCARA 1. Apakah Kurikulum 2013 itu? 2. Apa tujuan di bentuknya Kurikulum 2013? 3. Apa perbedaan K-13 dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)? 4. Mengapa berbagai pihak menolak adanya K-13? 5. Mengapa Kurikulum diubah? 6. Apa kekurangan dari K-13? 7. Apa kelebihan dari K-13? 8. Jika K-13 berbasis tema, lalu ada mata pelajaran apa saja di SD? 9. Bagaimana proses pembelajaran

Hasil Wawancara tentang Kurikulum 2013

Berikut hasil wawancara yang saya lakukan dengan teman biacara dan diskusi seorang guru yang berpengala man dalam mengajar dengan kurikulum 2013. IDENTITAS WAWANCARA Nama                                       : Evi Ridawati, S. Pd, M. M NIP                                          : 1964041419084102010 Tempat, Tanggal, Lahir           : Serang, 14 April 1964 Alamat                                     : Jln. Resik II No. 56 RT 006/004 Kramatwatu, Serang 42161, Serang, Banten Jabatan                                     : Guru Kelas Tempat Mengajar                    : SDN Kramatwatu 3 Facebook                                 : Ratih Bahar/ Evi Bahar HASIL WAWANCARA Narasumber               : Evi Ridawati, S. Pd, M. M Jabatan                       : Guru Kelas Hari, Tgl                     : Minggu, 14 Desember 2014 1.       Apakah Kurikulum 2013 itu? Jawab: “kurikulum yang berbasis tema di materi pembelajarannya, yang mengutamakan pendidikan

Asal Usul Kramatwatu

Nama kramatwatu adalah sebuah kecamatan di kabupaten Serang. Untuk mengetahui asal usul daerah dimana saya tinggal tidak cukup jika hanya browsing melalui internet saja, tetapi disini saya mencari sumber dari warga setempat. Hal ini disebabkan oleh minimnya postingan mengenai asal usul kramatwatu. Jika dilihat dari beberapa objek yang ada di kec. Kramatwatu seperti Tasikardi dan gunung pinang, mungkin bisa kita tarik kesimpulan dari kisah adanya gunung pinang di kec. Kramatwatu ini. Singkat cerita ada seorang anak yang durhaka pada ibunya, kemudian perahu yang digunakannya terbalik dan akhirnya menjadi gunung pinang. Jika di Sumatra ada kisah malin kundang yang menjadi batu, di Bandung ada tangkuban parahu, maka di kramatwatu ada pula cerita gunung pinang yang menurut saya kolaborasi  dari kisah Malin kundang dengan tangkuban parahu. Tangkuban parahu merupakan nama objek wisata yang dimana berada didaerah Bandung dan menggunakan bahasa sunda sehingga daerah dimana saya tinggal m